Wednesday, February 18, 2015

Imlek di Tasikmalaya, Lithang Empangsari Dibenahi

Lithang Makin Tasikmalaya mulai dibenahi untuk menyambut Imlek 2566.
Tribun Jabar/Firman Suryama

Lithang adalah tempat peribadatan umat Khong Hu Cu. Lithang yang beraa di Jalan Empangsari, Kota Tasikmalaya mulai dibenahi menjelang tahun baru Imlek 2566 yang jatuh pada hari Kamis (19/2). Tak hanya dekorasi di sekitar altar tetapi juga ruangan lain dibersihkan, seperti kaca jendela, agar saat digunakan lebih nyaman.

Sekretaris Majelis Agama Khong Hu Cu Tasikmalaya (Makin), Gina, mengatakan, jemaat yang akan melakukan kebaktian malam menjelang Imlek kemungkinan hanya sedikit. Karena sebagian besar jemaat pada malam menjelang Imlek lebih memilih berada di rumah untuk silaturahmi keluarga.

"Kalau malam menjelang Imlek lebih difokuskan di rumah masing-masing untuk bersilaturahmi antar anggota keluarga. Tapi yang datang untuk sembahyang juga pasti ada. Hanya saja jumlahnya tidak banyak," kata Gina, seraya menyebutkan, Lithang sendiri sudah siap digunakan untuk kebaktian.

Puncak perayaan Imlek akan dilaksanakan Minggu (22/2). Diisi dengan silaturahmi antar jemaat, sembahyang serta acara yang sifatnya menghibur. "Kita bergembira atas apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita selama ini. Jadi perayaan Imlek yang bertepatan dengan kelahiran Khong Hu Cu itu yang penting maknanya," ujar Gina.

Sumber : Tribun

No comments: