Wednesday, February 18, 2015

Smelter dan Pelabuhan akan Dibangun oleh PT Nusambada di Selatan Tasikmalaya

PT Nusambada direncanakan akan membangun pelabuhan dan smelter di pantai selatan Kabupaten Tasikmalaya. Pembangunan pelabuhan dan smelter segera direalisasikan saat situasi sosial setempat telah kondusif.

Direktur Operasional PT Nusambada Eddy Suhendar mengatakan, penanaman investasi besar sebagai bukti keseriusan dalam melakukan eksplorasi pasir besi berdasarkan prosedur dan kaidah berlaku.

Pihaknya meminta warga dan nelayan setempat agar jangan menyamaratakan cara eksplorasi PT Nusambada dengan perusahaan lain yang dulu berkegiatan serupa di tepi pantai.

"Kami jamin, tidak ada dampak negatif dari kegiatan eksplorasi. Jadi, warga dan nelayan jangan khawatir," ucap dia di Tasikmalaya, Rabu (18/2/2015).

Lokasi eksplorasi, tutur dia, berada di lepas pantai. Dari tepi pantai, titik ekplorasi berjarak sekitar satu mil.

Sebelum membangun smelter dan pelabuhan, pihaknya harus lebih dulu melakukan uji. Upaya itu bertujuan memastikan jumlah ketersediaan pasir besi.

"Misalkan ketersediaan pasir tidak sebanding dengan biaya modal, eksplorasi tidak jadi berlangsung," tutur Eddy.

Upaya uji coba, ucap dia, direncanakan berlangsung selama 30 hari. Akan tetapi, karena masih muncul tentangan dari pihak nelayan, uji coba belum bisa berjalan. "Selama ini, hanya menguji kemampuan kapal. Kuat terhadap arus ombak atau tidak," tutur dia.

Sumber : Pikiran Rakyat Online

2 comments:

herbal pelangsing alami said...

wah terus berkembang nih kotanya pak, salut

Unknown said...

semoga ekonomi Tasik selatan semakin menggeliat ya Om