Sunday, March 8, 2015

Curug Gado Bangkong di Lereng Galunggung Cisayong

Curug Gado Bangkong di sela rerimbunan vegetasi

Curug Gado Bangkong (S7.24893 E108.11258) adalah curug yang berada di Kampung Pasir Malang, Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Curug Gado Bangkong berada di lereng Gunung Galunggung dan memiliki ketinggian sekitar 70 m. Rute menuju ke curug menyusuri ladang penduduk dan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Nampaknya sampai saat ini, curug Gado Bangkong masih belum dikembangkan untuk daerah tujuan wisata di Kabupaten Tasikmalaya. Padahal apabila melihat potensi landscape yang ada, akan sangat menarik pengunjung. Curug Gado Bangkong hampir setiap hari masih sepi pengunjung. Curug Gado Bangkong cocok untuk tempat hiking dan fotografi, karena alamnya masih perawan dan belum terjamah banyak pengunjung. Meskipun demikian, sudah ada jalan dan tempat beristirahat untuk pengunjung, kekurangannya belum ada sarana MCK.


Kebun hortikultur di lereng bukit dengan background Kota Tasikmalaya

Nama Gado Bangkong sendiri kalau dalam Bahasa Indonesia artinya Dagu Katak. Sebenarnya saya bingung apa hubungannya dengan katak ? Karena ketika saya mengamati sekeliling curug, gak ada yang menyerupai katak hehehe ... baik itu batu atau bentukan alam lainnya. Tetapi menurut penduduk setempat, konon nama ini diberikan karena adanya mitos yang menyebutkan adanya makhluk halus berwujud katak raksasa yang tinggal di sekitar lokasi air terjun.

Untuk menuju ke Curug Gado Bangkong, dapat dijangkau dari pertigaan Cisayong (S7.26673 E108.18647) berbelok menuju arah Barat, atau apabila dari Kota Tasikmalaya berbelok ke arah Barat juga di perempatan Mang Koko (S7.28821 E108.19493). Perjalanan dilanjutkan menuju jalan baru Ciawi-Singaparna (Cisinga) ke arah Kampung Cimala. Di perempatan Cimala (S7.26746 E108.14403) berbelok ke arah Barat. Ikuti terus jalan beton dari hasil PNPM.

Terowongan dari arah jalan Kota Tasikmalaya,
bekas rel KA angkutan pasir galunggung.
View arah Gunung Galunggung di perjalanan sekitar Sukaratu
Apabila menggunakan mobil, disarankan parkir di seikitar SMP Negeri 3 Sukaratu, karena kondisi jalan sempit hanya cukup untuk 1 mobil saja dan topografi yang curam. Sedangkan apabila menggunakan sepeda motor dapat sampai ke tempat parkir di dekat lokasi curug, tinggal jalan kaki kurang dari 100 m.

Jalan setapak menyusuri sawah, dengan jurang menganga di kiri jalan.

Kondisi jalan selewat sawah menuju curug cenderung jalan setapak dan dengan jurang (gawir) yang sangat dalam, mencapai 300 m di beberapa titik.

Gerbang masuk kampung curug
Setelah melewati gerbang ini jalan semakin sempit dan curam, tetapi pemandangan semakin indah.

Ini penampakan jurang di tepi jalan setapak.

Kebun hortikultur ditutup mulsa untuk mengurangi pencucian hara
Semakin ke atas jalan semakin sempit tetapi artinya sudah dekat ke lokasi curug. Diperlukan kehati-hatian dan konsentrasi karena salah jalan dikit aja masuk jurang. Waspada juga kemungkinan longsor dari lereng.

Jalan setapak menyusuri saluran air menjelang curug.

Longsoran di gawir seberang sungai Cimangpang
Perjalanan penuh perjuangan dan medan sulit, sepadan lah dengan keindahan pemandangan di sekitar Curug Gado Bangkong. Sebenarnya dari Curug Gado Bangkong ini berjarak sekitar 1 km masih ada curug lain, yaitu Curug Badak. Tetapi karena alasan faktor keamanan dan keselamatan, saya gak mungkin lanjut hehehe ... Sacara trekking sendirian, dengan membawa kamera full gear, takut ada rampok hahaha ....

Narsis di pinggir curug, tahan nafas ... biar perut kempes hahaha ....
Disarankan diatar pemuda setempat untuk menyusuri sekitar Curug Gado Bangkong, akan banyak spot menarik yang lebih tereksplorasi. Mereka lebih faham bahaya lingkungan sekitar. Bahaya yang mengancam yang sempat saya amati adalah :
-kemungkinan longsor
-kemungkinan banjir bandang
-kemungkinan diserang binatang buas, saya sempat melihat monyet liar, yang paling mungkin adalah ular berbisa.
-kemungkinan menghadapi halusinasi, biasakan berdoa dan hati-hati melangkah.

Ini foto-foto sekitar Curug Gado Bangkong. Masih ada 2 curug lagi di sekitar Gado Bangkong, yaitu Curug Badak dan Curug Gegebos.

Tempat parkir di Curug Gado Bangkong
Curug Gado Bangkong
Menyembul dari balik rimbunnya vegetasi
View lain curug Gado Bangkong
Tolong jaga ketertiban dan kebersihan Curug Gado Bangkong ya, biar tetap terjaga.

Terima kasih ya buat Oki yang udah memberikan patokan awal lokasi curug.

No comments: