Wednesday, June 11, 2014

Tol Cileunyi-Rajapolah : Aher, “Sudah banyak investor yang melirik”

TASIKMALAYA, (KP).-
Rencana pembangunan jalan tol Jawa Barat Selatan Batch I yang menghubungkan Cileunyi Bandung-Rajapolah Tasikma­laya banyak dilirik oleh investor asing. Meskipun perencanaan detail pembangunan tersebut masih dalam proses pengerjaan.

“Investor dari berbagai tempat itu sudah ada. Kalau dibilang kekurangan uang, nyatanya banyak di dunia ini. Di BJB saja, setiap tahun ada Rp 16 triliun belum lagi di bank lain. Permasalahannya, mau diinvestasikan kemana?” kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Masterplan pengerjaan jalan tol itu, kata dia, saat ini belum rampung. Sehingga be­lum bisa ditawarkan secara konkret baik bagi pemerintah daerah mau­pun investor. “Kalau masterplan nya sudah rampung, baru kita duduk bersama dengan kepala daerah yang terlewati tol tersebut dan investor,” katanya.

“Investasi jalan tol itu memang biaya tinggi, makanya tol harus ada plus-plusnya dalam artian tidak dari tiket saja. Tetapi bagaimana mengembangkan ekonomi di sepanjang jalan tersebut,” ujarnya menambahkan.
Sehingga, ketika investor memang ingin berinvestasi dapat dimudahkan pula oleh pemerintah daerah setempat untuk perizinannya. Begitupun ekonomi daerah pun ikut tumbuh seiring dengan infrastruktur tersebut.

Menurut Wali Kota Tasik­malaya H. Budi Budiman, pembangunan tol tersebut setidaknya dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Karena selama ini akses transportasi darat menjadi salah satu kendala untuk mencapai Kota Tasikmalaya.

“Tentunya kita berharap bisa cepat terealisasi. Begitupula dengan persiapan bandara ko­mersial, sehingga tidak Kota Tasik saja yang mudah diakses, melainkan wilayah Priangan Timur,” katanya.
Rencananya jalan tol Jawa Barat Selatan tersebut akan terhubung dari Cileunyi Bandung hingga Kota Banjar. Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah menggarap perencanaan desain yang akan rampung tahun ini. E-41***

Sumber : Kabar Priangan Online

No comments: